Cara Kerja DNS Server, Prinsip Dan Fungsi Nya



DNS Server Adalah? Cara Kerja, Prinsip Dan Fungsi-Nya


DNS server adalah cara kerja prinsip fungsi wikipedia pdf dalam menangani permintaan beserta gambarnya dan manfaatnya konsep secara singkat jelaskan prinsip dari klien bagaimanaDNS Server Adalah – Prinsip Kerja dan Fungsi DNS Server
DNS Server adalah singkatan dari Domain Name System, yaitu Distribute Database System dengan tugas untuk mencari sebuah nama komputer dalam jaringan yang memakai TCP/IP.
DNS termasuk layanan aplikasi yang umumnya dipakai pada jaringan internetdengan tujuan menerjemahkan nama domain ke dalam IP Address atau nomor IP.
Misalnya saja, ketika kita hendak mengunjungi link url nama domain tertentu, maka kita memakai sederetan huruf atau nama karena penggunaannya yang lebih mudah untuk diingat, seperti contohnya : www.yahoo.com.

Cara Kerja DNS

Bagaimana cara kerja DNS Server ini? Cara kerja dari DNS Server adalah dengan menerjemahkan sebuah nama jaringan komputer ke dalam bentuk IP Address, bisa juga dengan memetakan nama dari jaringan komputer tadi ke dalam alamat IP.
Adapun DNS Server dan Client DNS sendiri dinamakan sebagai name servers. Client atau revolver mengirimkan sebuah permintaan menuju name servers berbent queries. Name Server sendiri nantinya memproses melalui cara pengecekan menuju local database DNS.
Kemudian jika yang dicari ternyata tak ada dalam local database, sehingga name servers tadilah yang nantinya menghubungi jaringan name servers yang lainnya. Bisa juga DNS yang bertugas mengirimkan sebuah message failure apabila permintaan pada client tak ditemukan.
Biasanya proses yang terjadi di atas dinamakan Forward Lookup Query, di mana permintaan client akan di proses melalui pemetaan host ke dalam IP Address.

Prinsip Kerja DNS Server

Resolvers atau Client mengirimkan queries ke dalam name server, kemudian name server ini nantinya akan memeriksa local database, bisa juga dengan menghubungi sebuah name server yang lain.
Apabila ditemukan, akan langsung diberitahukan menuju resolvers atau client tadi, sebaliknya jika tidak ditemukan akan langsung mengirimkan sebuah failure message. Host tujuan dihubungi oleh client atau revolver memakai IP Address pemberian dari name server.
Adapun Client akan menjawab melalui 2 macam cara, yakni dengan bertanya pada sistem DNS Server lokal dan melakukan interpretasi hasil, serta melihat isi dari cachenya jika pertanyaan tasi sebelumnya pernah dipertanyakan lalu jawabannya disimpan pada cache miliknya.

Sistem Pendukung Kinerja DNS Server

Berdasarkan prinsip dan cara kerjanya, DNS Server didukung oleh beberapa sistem di bawah ini :
1. Authoratitative DNS Server, merupakan bagian untuk menangani setiap jawaban yang keluar menuju query yang berasal dari recursor, untuk tiap-tiap bagian dari jawaban, atau bisa juga termasuk bagian terhadap penyerahan , contohnya penyerahan menuju authorithative DNS Server lainnya.
2. Recursive DNS Server, merupakan sistem yang bertugas untuk meneruskan pencarian dari DN dengan respons query dari client/resolve, lalu mengembalikan jawaban menuju resolver.
3. DNS Resolver, adalah bentuk program dari DNS client dalam komputer pengguna atau user lalu menghasilkan produk berupa DNS request yang diperlukan dalam program aplikasi. Resolver merupakan salah satu bagian pada program aplikasi dengan fungsi agar bisa menjawab berbagai pertanyaan untuk program aplikasi mengenai domain.
Adapun agar Anda bisa melihat DNS pada jaringan komputer, maka bisa mengikuti cara-cara ini, yaitu dengan mengunjungi Open Network and Sharing Center lalu klik Connection pada jaringan internet lalu klik Details, selanjutnya Anda akan melihat dengan detail DNS pada komputer Anda tersebut.
Alamat DNS inilah yang nantinya digunakan ketika komputer melakukan request pada sebuah situs dalam jaringan internet.
Demikianlah pembahasan mengenai pengertian DNS Server, Fungsi dan Cara Kerjanya. Semoga bermanfaat!

Baca juga yang ini Lhooo .....

  • Web Hosting Adalah? Ini Pengertian Menurut Para Ahli dan Contohnya Dalam InternetPengertian Web Hosting Adalah Sebagai Tempat Penyimpanan Data Server Dalam dunia internet, tentu […]
  • Apa itu Fungsi Domain, ini Penjelasan Lengkapnya Domain adalah nama yang unik yang bisa di mengerti oleh orang lain sehingga memeliki fungsi mudah bagi para pengguna dalam mengakses berbagai informasi yang tersedia pada server di jaringan internet. Berbicara mengenai domain, berarti tidak lepas dengan istilah IP address yang berbentuk […]
  • Definisi Domain Untuk Situs Web Definisi domain adalah sebagai identitas sebuah website berupa nama unik untuk mengidentifikasi yang namanya IP Address. Nama domain memiliki keunggulan tersendiri dibandingkan IP Address yang sebenarnya sulit untuk dihafal ataupun diingat. Jadi, nama domain ini diciptakan untuk membantu […]
  • Pengertian Server, Fungsi dan Jenis-Jenisnya Pengertian server yaitu komputer yang umumnya digunakan secara khusus sebagai tempat penyimpanan data, […]
  • Tips Memilih Karakteristik Nama Domain yang Bagus dan Baik Di dalam e-commerse, istilah ‘apalah arti sebuah nama’ memang tak berlaku. Begitu pula dengan nama domain yang memiliki pengaruh penting terhadap kesuksesan situs Anda nantinya. Nama domain yang baik bisa menjadi pondasi yang kokoh sehingga situs Anda pun bisa lebih maju dan mapan. Untuk […]
  • Langkah Langkah Membuat Website Melalui Bahasa Pemrograman Langkah langkah membuat website – Website merupakan wadah untuk menyampaikan segala macam informasi. Jadi, hampir kebanyakan orang membutuhkan website untuk menyampaikan informasi/berita, untuk menjual sebuah produk, menyediakan layanan jasa dan lain sebagainya. Selain itu, saat ini […]